SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DARAH (SI MERAH)

TENTANG SI MERAH :



Strategi Peningkatan Mutu Pelayanan Darah melalui Sistem Informasi Manajemen Darah (SIMERAH). Pelayanan darah merupakan salah satu pelayanan yang sangat penting dalam sistem pelayanan di RS yangb melibatkan faktor internal dan eksternal RS. Yang dimaksud dengan sistem pelayanan darah adalah pelayanan darah mulai dari permintaan darah oleh dokter di unit pelayanan lalu ke BDRS dan UTD, kembali ke BDRS dan terakhir ke unit terkait untuk ditransfusikan ke pasien yang membutuhkan.


Diharapkan setelah terbangun system ini maka informasi jumlah kantong darah yang dibutuhkan dan yang terealisasi di RS akan langsung tercatat secara akurat di Bagian Keuangan RS. Validasi akan berlangsung secara real time dan tidak memerlukan prosedur yang rumit dan panjang pada saat pihak eksternal melakukan proses penagihan.


Pemanfaatan teknologi informasi dalam sistem pelayanan darah merupakan suatu strategi solusi untuk memudahkan seluruh pemangku kepentingan melakukan tugas sesuai kewenangannya masing-masing. Hal ini pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan keselamatan dan kepuasan pasien terhadap pelayanan pasien di RS khususnya pelayanan darah.